PERMINTAAN,PENAWARAN
DAN HARGA KESEIMBANGAN PASAR.
A. Permintaan
1. Pengertian
permintaan.
Pengertian
permintaan adalah kualitas suatu barang ekonomi yang di beli pada kemungkinan
tingkat harga dan periode tertentu di pasar.
2. macam-macam
permintaan.
a. dilihat
dari daya beli konsumen,permintaan di kelompokkan sebagai berikut;
·
permintaan
efektik,perupakan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa yang di sertai
daya beli atau kemampuan membayar.
·
permintaan potensial
merupakan permintaan konsumen suatu barang dan jasa yang tidak di sertai dengan
daya beli atau kemampuan membayar.
b. dilihat
dari pendapat ril atau nyata konsumen,permintaan dikelompokkan sebagai berikut.
·
permintaan konsumen
yaittu permintaan yang di lakukan oleh seluruh anggota masyarakat terhadap dan
jasa untuk memenuhi kebutuhan.
·
permintaan pengusaha
yaitu berawal dari pengusahaberusaha memproduksi barang dan jasa yang di
butuhkan konsumen.
·
.permintaan pemerintah
bertitik tolak dari pemerintah mengeluarkan belanja untuk kelancaran roda
pemerintahan sehingga menimbulkan permintaan pemerintah terhadap barang dan
jasa.
·
permintaan luar
negeri,trbentuk daripermintaan yang akan datang dari konsumen,pengusaha dan
pemerintah dari negara lain.sehingga mempengaruhi permintaan didalam negara.
c. Dilihat
dari jumlah permintaan,permintaan dikelompokkan sebagai berikut:
·
Permintaan
perseorangan,merupakan permintaan dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan
hidup,bersifat antara orang yang satu dengan yang lain,tergantung dari
pendapatan dan pendidikan.
·
Permintaan pasar atau
kolektif,merupakan permintaan yang dimiliki masyarakat sebagai keseluruhan
dalam waktu yang sama.
3. Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan
a) Harga
barang itu sendiri.
b) Harga
barang lain yang berkaitan erat barang tersebut
c) Pendapatan
rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat
d) Intensitas
kebutuhan
e) Selera
konsumen
f) Jumlah
penduduk
g) Perkiraan
mengenai masa depan.
4. Hukum
permintaan
Dalam
hukum permintaan dikatakan bahwa semakin rendah harga suatu barang maka semakin
banyak permintaan barang tersebutt.sebaliiknya semakin tinggi harga suatu
barang maka semakin sedikit permintaan barang tersebut.
5. Daftar
permintaan,kurva permintaan,dan fungsi permintaan.
a. Daftar
permintaan.
Daftar
permintaan adalah suatu tabel yang memberi gambar dalam angka-angka tentang hubungan
antara harga dengan jumlah barang yang diminta.
b. Penggambaran
daftar permintaan
c. Fungsi
permintaan.
Fungsi
permintaan adalah hubungan antara fariabel harga.
B. Penawaran
1) Pengertian
penawaran
Penawaran ada
dua macam sebagai berikut:
·
Da;lam pengertian khusus
adalah jumlah barang yang ditawarkan pada harga dan waktu tertentu.
·
Dalam arti luas adalah
jumlah barang ekonomi yang tersedia yang dijual dipasar.
2) Hukum
penawaran
Hukum penawaran
menyatakan semakin tinggi harga tingkat suatu barang,semakin banyak jumlah
barang yang ditawarkan dan semakin rendah harga suatu barang,semakin banyak
jumlah yang ditawarkan.
3) Faktor-faktot
yang mempengaruhi penawaran.
a. Biaya
produksi
b. Teknologi
c. Keuntungan
d. Kebutuhan
uang
e. Harga
masa depan
f. Tujuan
tertentu
g. Pajak
dan subsidi
h. Jumlah
perusahaan dalam produksi
i.
Perubahan harga barang
lain
j.
Perubahan harga itu
sendiri
k. Keadaan
cuaca atau iklim
Daftar
penawaran kurva penawaran dan fungsi penawaran
a. Daftar
penawaran
Daftar
penawaran adalah yang menunjukkan jumlah penawaran dalam berbagai tingkat
harga..
b. Kurva
penawaran
Kurva
penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga suatu
barang tertentu dengan jumlah barang yang ditawarkan.
c. Fungsi
penawaran
Fungsi
penawaran merupakan bentuk matematis untuk menyusun daftar penawaran dari
berbagai kemungkinan tingkat harga.bentuk umum fungsi penawaran adalah sebagai
berikut:
Q=ap-b
Contoh
Menggunakan
dagtar penawaran dibawah ini:
P1=2Q1=0
Pa=3Q2=4
4(p-2)=Q
4p-8=Q
Jadi
jumlah penawaran adalah Q=4p-8
C. Harga
keseimbangan pasar
1. Harga
adalah nilai yang dinyatakan dalam bentuk uang atau jumlah uang yang ditukarkan
dengan barang dan jasa.
Harga
keseimbangan merupakan harga yang terjadi sebagai akibat interaksi antara
permintaan dan penawaran.
Interaksi
permintaan penawaran terjadi di pasar,maka harga keseimbangan disebut juga
harga pasar.
2. Golongan
penjual dan pembeli
Dilain pihak ada
penjual yang tidak menjual barangnya.penjual dan pembeli digolongkan menjadi 3
macam
a. olongan
pembeli:
·
pembeli
marjinal:pembeli yang mempunyai tenaga beli sama dengan harga pasar.
·
Pembeli supermarjinal
yaitu:pembeli yang mempunyai tenaga beli diatas harga pasar.
·
Pembeli submarjinal
yaitu: pembeli yang mempunyai tenaga
beli dibawah harga pasar
b. Golongan
penjual.
1. Penjual
marjinal yaitu penjual yang mempunyai harga pokok sama dengan harga pasar.
2. Penjual
supermarjinal yaitu penjual yang mempunyai harga pokok dibawah harga pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar